FORUM IDEKITA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAKARTA

Senin, 16 November 2009

Mengasah Nalar di PGTK





31 Januari 2009


”Pelatihan ini merupakan persiapan menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2009” ujar Yulianto, ketua pelaksana pelatihan penulisan KKTM dan PKM.


Matahari sabtu pagi menggiring semangat 43 mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menuju ruang sidang Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK) UNJ. Upaya itu untuk kegiatan yang mereka sebut sebagai Pelatihan Penulisan Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) dan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan khusus mahasiswa FIP UNJ itu diadakan di kampus D UNJ berlangsung pada 10 dan 11 Januari 2009, sejak pukul 08.00 pagi hingga 05.00 sore.

Pelatihan tersebut diadakan oleh Unit Penalaran (UP) FIP, Forum IDEKITA (FIDE), ”Pelatihan ini merupakan persiapan menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2009” ujar Yulianto, ketua pelaksana pelatihan penulisan KKTM dan PKM. Menurut Nova, steering comitee (SC) Pelatihan penulisan KKTM dan PKM, pelatihan ini merupakan wujud kepedulian FIDE dalam dunia penalaran, selain itu untuk menyeleksi karya tulis yang akan dikompetisikan di PIMNAS 2009

Tahun 2008 lalu, sebut Nining, ketua FIDE, pelatihan serupa disebut Art of Creative Thingking and Writing (ACTHING). Partnership Forum FIDE, Muh. Ivan Azhari mengatakan, pelatihan KKTM dan PKM ini telah berlangsung 4 (empat) kali semenjak Maret 2005.

Pada pelatihan itu, FIDE menghadirkan 6 (enam) orang pembicara. Muh. Ivan Azhari membawakan materi Menulis Kreatif dan Wahyu Sri Ambar Arum, Metodologi Penelitian. Dosen FIP PP UNJ, Evita Adnan untuk materi Kompleksitas Ide dan Gumgum Gumelar dinamika kelompok. Materi Public Speaking, Media dan Tekhnik Presentasi dibawakan oleh Nining Parlina dan Nova.

Kegiatan tersebut diawali dengan laporan dari ketua pelaksana Pelatihan KKTM dan PKM 2009. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Umum FIDE, Nining Parlina lalu Pembantu Dekan (PD) III FIP UNJ, M. S. Soemantri. Tiga ketukan jari di kepala microphone nirkabel membuka pelatihan itu.

Hari pertama dimulai dengan materi Menulis Kreatif. Ujar alumni PLS 2002 FIP UNJ, ”Berpikir kreatif itu terkait dengan pola pikir kita.” Pada materi itu, Raja Buku Nasional tahun 2005, juga melakukan simulasi penulisan dan motivasi menulis. Acara kemudian dilanjutkan oleh Wahyu yang membawakan materi Metodologi Penelitian. Dosen MP FIP itu menekankan, sebelum melakukan penelitian kita harus menemukan permasalahan.

Pada 11 Januari 2009, materi kompleksitas ide mengawali hari kedua. Evita Adnan selaku pembicara menyampaikan, upaya untuk mendapatkan ide dimulai dari person, proses dan produk. Proses bisa dimulai dari membaca, mencoba, mendengar dan merenung. Materi dilanjutkan oleh Gumgum Gumelar, ”Forming, storming, norming dan performing merupakan dinamika kelompok, storming merupakan fase yang terberat,”

Di dalam rangkaian pelatihan itu juga terdapat ice breaker (permainan singkat), mentoring pada setiap kelompok, simulasi penulisan dan pelatihan motivasi. Pelatihan penulisan itu ditutup pukul 05.00 sore dengan ritual foto bersama, peserta dan panitia.

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan KKTM dan PKM itu, maka para peserta akan diikutisertakan ke dalam Lomba LKTM tingkat fakultas (FIP). Oleh karena itu, dalam kegiatan pelatihan tersebut juga terselip mentoring, ”Mentoring diadakan sebagai pendalaman ide peserta,” ujar Nova.

Mentoring dilakukan setelah materi. 43 peserta dibagi kepada 3 (tiga) mentor, yang terdiri dari, Nova (mahasiswa PP 05), Nining (mahasiswa PP 05) dan Fitri (mahasiswa PP 05).

Peserta pelatihan dibagi ke dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3 (tiga) mahasiswa, ”Mereka akan berkompetisi pada KKTM dan PKM tingkat Fakultas yang terdiri dari Bidang IPS, IPA dan Pendidikan, kemudian Univeritas, Wilayah dan Nasional.” ujar SC pelatihan ini, Nova.

Keseluruhan kegiatan pelatihan penulisan KKTM dan PKM cukup menarik, seperti yang diungkapkan oleh Derry, mahasiswa MP 2007, ”Kegiatannya menarik.” Namun, beberapa peserta juga ada yang kecewa karena tidak disediakan cukup kertas untuk menulis, ”Ini kan pelatihan penulisan, jadi kertas harus ada!” ujar peserta yang tidak mau disebutkan namanya.

PIMNAS 2009

PIMNAS merupakan ajang besar tahunan yang diadakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Tahun ini, PIMNAS akan berlangsung di Malang, Universitas Brawijaya. Di dalamnya PIMNAS sendiri terdapat banyak kegiatan. Menurut Sekretaris FIDE, Novalia, dalam PIMNAS terdapat beberapa kegiatan seperti debat bahasa asing, lomba poster, pameran hasil penelitian setiap universitas dan KKTM-PKM.

PIMNAS tahun lalu, 2008, diadakan di Universitas Islam Sultan Agung (UNNISULA) Semarang. Pada PIMNAS itu, UNIBRAW Malang unggul pada PKM. Sementara di UNJ sendiri belum beruntung.

Pelatihan penulisan KKTM dan PKM yang diadakan FIDE merupakan respon atas PIMNAS ini. Kegiatan setelah pelatihan merupakan inti dari Pelatihan Penulisan KKTM dan PKM. Peserta pelatihan telah dibagi ke dalam beberapa kelompok, yang setiap kelompok terdiri dari 3 (tiga) orang.

Setiap kelompok itu akan mengadakan penelitian di bidang pendidikan, IPS dan IPA. Kompetisi dimulai dari tingkat fakultas, kemudian Universitas. Juara 1 (satu) dan 2 (dua) akan menuju ke tingkat wilayah. UNJ berada di wilayah A, Sumatera, Banten dan DKI Jakarta. PIMNAS lalu, FIP belum lolos ke tingkat Nasional.

(Laporan: Agung Darmawan dkk, Forum Idekita FIP UNJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar